Yuk ah kita menejemen
waktu kita dengan semaksimal mungkin.
Kunci sukses
kehidupan adalah waktu. Jika kita menejemen waktu dengan baik dan benar, maka
tidak ada perasaan “kalau dulu saya enggak lakuin ini itu sepertinya hal ini (negative)
enggak akan terjadi deh”. Memang sih ya penyesalah selalu ada di akhir kita
melakukan sesuatu, baik itu kita rasakan lambat ataupun cepat. Tapi yang harus
tetap diingat adalah sebuah pepatah mengatakan “berfikirlah sebelum bertindak”. atau ada banyak hal yang akhirnya kita pun berkata "aduh, mepet waktu nih"
Dan langsung
saja ke topik yuk, biar enggak melancong kemana-mana.
Ada banyak
keuntungan kita menejemen waktu. Dan bagiku, harus menjadi
kebiasaan.
Ada beberapa
hal yang bisa membantu kita untuk memanage waktu dengan baik dan benar
1.
Mengutamakan prioritas/kegiatan
yang terpenting dulu
Yups. sudah seharusnya
kegiatan yang sangat penting atau penting kita dahulukan, bukan?. Karena selain
memang kegiatan yang penting, kegiatan yang sangat penting atau penting akan
membutuhkan waktu yang banyak. Dan kita bisa membagi nya ke beberapa bagian, seperti
mendesak, sangat penting, penting, tidak mendesak, dan tidak penting.
2.
Biasakan punya target. Dan catat
target tersebut!
Target adalah salahsatu cara
agar kita bisa membuat waktu kitu lebih efektif dan banyak manfaatnya. Jangan ragu
kita menuliskan target mulai untuk 1 minggu kemudian,1 bulan kemudian, 5 bulan kemudian,
1 tahun kemudian, beberapa tahun mendatang hingga puluhan tahun mendatang. Tulis
hal-hal yang ingin kita capai tersebut di buku aktifitas harian kita.
3.
Biasakan dengan deadline
setiap hari
Deadline bisa membuat kita
lebih banyak bergerak. Apalagi deadline bisa kita kerjakan setiap harinya. Mungkin
dengan kita mendeadline aktifitas kita, kita bisa lebih banyak mengerjakan hal
penting di bandingkan kita tanpa deadline. Hal tersebut juga akan membantu kita
untuk terbiasa melakukan sesuatu dan merasa bosan jika harus berdiam diri tanpa
melakukan aktifitas.
4.
Disiplin dengan target dan
deadline yg sudah di buat
Ini dia nih, hal yg susah adalah
mendisiplinkan diri sendiri. Terkadang ada saja hal yang mebuat kita malas, atau
datang hal-hal yang tidak di inginkan yg membuat kita terpaksa menunda
pekerjaan terebut.
5.
Tempel deadline di tempat yang
sering kita lihat.
6.
Pasang alarm di smartphone
atau di handphone
Masih berhubungan dengan
target/aktifitas keseharian kita. Bahkan sekarang sudah tersedia aplikasi
android yang bernama seperti “to-do-list”, “evernote”, dll.
7.
Mengerjakan tugas satu persatu
Jangan kerjakan tugas dalam
satu hari misalnya. Mengerjakan tugas secara menuntut akan lebih baik dan tidak
terasa berat. Dan tidak ada acara mepet waktu.
8.
Jadwalkan acara
liburan/weekend
Liburan atau weekend adalah
hal yang peting juga loh. Kasihan kan otak kit ajika terus terusan kita
fokuskan untuk kegiatan kita. Namun jangan terlalu banyak liburan juga ya. Takutnya,
banyak aktifitas yang tertunda dan akhirnya jadi malas.
9.
Jangan terlalu banyak bermain
di media social
Atur waktu agar tidak terlalu
banyak bermain di media social. Facebook, twitter, Instagram, BBM, dll. Hal tersebut
akan semakin banyak terbuang waktu penting kita. Gunakan saja sewajarnya,
karena menggunakan media social apalagi searching di google akan banyak
membuang waktu penting kita.
Itu dia guys
tips dari aku. Yang penting jangan menunda dan jangan malas. Dan focus
denganprioritas utama.
Salam :)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar