Selasa, 17 Mei 2016

Menejemen Waktu Untuk Kualitas Hidup Yang Lebih Baik



Yuk ah kita menejemen waktu kita dengan semaksimal mungkin.

Kunci sukses kehidupan adalah waktu. Jika kita menejemen waktu dengan baik dan benar, maka tidak ada perasaan “kalau dulu saya enggak lakuin ini itu sepertinya hal ini (negative) enggak akan terjadi deh”. Memang sih ya penyesalah selalu ada di akhir kita melakukan sesuatu, baik itu kita rasakan lambat ataupun cepat. Tapi yang harus tetap diingat adalah sebuah pepatah mengatakan “berfikirlah sebelum bertindak”. atau ada banyak hal yang akhirnya kita pun berkata "aduh, mepet waktu nih"
Dan langsung saja ke topik yuk, biar enggak melancong kemana-mana.
Ada banyak keuntungan kita menejemen waktu. Dan bagiku, harus menjadi kebiasaan.
Ada beberapa hal yang bisa membantu kita untuk memanage waktu dengan baik dan benar

1.        Mengutamakan prioritas/kegiatan yang terpenting dulu
Yups. sudah seharusnya kegiatan yang sangat penting atau penting kita dahulukan, bukan?. Karena selain memang kegiatan yang penting, kegiatan yang sangat penting atau penting akan membutuhkan waktu yang banyak. Dan kita bisa membagi nya ke beberapa bagian, seperti mendesak, sangat penting, penting, tidak mendesak, dan tidak penting.

2.        Biasakan punya target. Dan catat target tersebut!
Target adalah salahsatu cara agar kita bisa membuat waktu kitu lebih efektif dan banyak manfaatnya. Jangan ragu kita menuliskan target mulai untuk 1 minggu kemudian,1 bulan kemudian, 5 bulan kemudian, 1 tahun kemudian, beberapa tahun mendatang hingga puluhan tahun mendatang. Tulis hal-hal yang ingin kita capai tersebut di buku aktifitas harian kita.

3.        Biasakan dengan deadline setiap hari
Deadline bisa membuat kita lebih banyak bergerak. Apalagi deadline bisa kita kerjakan setiap harinya. Mungkin dengan kita mendeadline aktifitas kita, kita bisa lebih banyak mengerjakan hal penting di bandingkan kita tanpa deadline. Hal tersebut juga akan membantu kita untuk terbiasa melakukan sesuatu dan merasa bosan jika harus berdiam diri tanpa melakukan aktifitas.

4.        Disiplin dengan target dan deadline yg sudah di buat
Ini dia nih, hal yg susah adalah mendisiplinkan diri sendiri. Terkadang ada saja hal yang mebuat kita malas, atau datang hal-hal yang tidak di inginkan yg membuat kita terpaksa menunda pekerjaan terebut.

5.        Tempel deadline di tempat yang sering kita lihat.

6.        Pasang alarm di smartphone atau di handphone
Masih berhubungan dengan target/aktifitas keseharian kita. Bahkan sekarang sudah tersedia aplikasi android yang bernama seperti “to-do-list”, “evernote”, dll.

7.        Mengerjakan tugas satu persatu
Jangan kerjakan tugas dalam satu hari misalnya. Mengerjakan tugas secara menuntut akan lebih baik dan tidak terasa berat. Dan tidak ada acara mepet waktu.

8.        Jadwalkan acara liburan/weekend
Liburan atau weekend adalah hal yang peting juga loh. Kasihan kan otak kit ajika terus terusan kita fokuskan untuk kegiatan kita. Namun jangan terlalu banyak liburan juga ya. Takutnya, banyak aktifitas yang tertunda dan akhirnya jadi malas.

9.        Jangan terlalu banyak bermain di media social
Atur waktu agar tidak terlalu banyak bermain di media social. Facebook, twitter, Instagram, BBM, dll. Hal tersebut akan semakin banyak terbuang waktu penting kita. Gunakan saja sewajarnya, karena menggunakan media social apalagi searching di google akan banyak membuang waktu penting kita.

Itu dia guys tips dari aku. Yang penting jangan menunda dan jangan malas. Dan focus denganprioritas utama.
Salam :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mudahnya transaksi keuangan di ATM BCA dengan sistem cardless/tanpa kartu

Dah lama ga nyimpang ke blog. Mau share aja seputar transaksi keuangan di ATM tanpa kartu alias cardless di BCA. Tarik tunai maupun setor tu...